Supersoft Teknologi

Crew yang kompak menghasilkan software yang tepak: D

Konsep Teknologi Chat MiniServer

Struktur Telegram Mini Server

Aplikasi ini bisa dijual ke konter2 dan akan konek ke server pulsaEngine. Telegram member bisa konter / toko itu sendiri, dan teman chatnya. Bisa digunakan untuk komplen sekaligus transaksi. Sekaligus pemesanan online.

  1. Telegram Hp ke  TelegramBot no problemo. Kalau ngobrol biasa masuk lokal, kalau syntax transakasi diteruskan ke server. 
  2. Member terdaftar di lokal sebagai phonebook, terdaftar di server pusat sebagai member server pulsa. Jadi saldo membernya di server pusat. TelegramBot hanya sebagai master agen saja. 
  3. Aktivasi Telegram menggunakan aktivasi json seperti android, atau dipakek bareng. Tapi dengan tambahan variabel clienttype=’telegrambot’;
  4. Sepertinya harus dibuatkan path khusus untuk bot ini, walaupun mirip dengan android. Masalahnya disini ada dua agenid yang terdaftar. (1) Adalah agenid master (MASTERID), (2) Agenid biasa yang menjadi downline master tersebut. 
  5. Aktivasi hanya dilakukan oleh MASTER, sedangkan Downline hanya teregistrasi oleh id telegramnya. 
  6. Aktivasi mendaftarkan MacAddress sebagai serverid, seperti android juga punya serverid selain nomor hp. 
  7. Member yang terdaftar sebagai phonebook otomatis akan teregistrasi sebagai downline di server utama.  
  8. Format semua transaksi adalah berbasis message dan id. Karena pesan keluar (outbox), tidak akan dikirim secara asyncronous ke telegram, maka harus ditarik oleh app telegram. Baru diforward ke klien telegramnya. Terutama pesan sukses yg muncul belakangan. Unnuk yg syncronous ya langsung sent = 1.
  9. Untuk mempermudah programming telegrambot, maka perintah ke server cuman aktivasi dan kirim perintah. Kirim perintah berbasis / untuk semua perintah.
  10. Jadi fungsi di path telegram : aktivasi (kirim nomor hp utk kirim token), dan nama ServerBot nya. Setelah itu, langsung bisa kirim perintah chat. Dan cekOutbox (per 1 menit).
  11. Ketika chat ngirim : MacAddress, masterid, agenid, nomortelegram, signature (macaddress+time+telegram(3)+sub(chat,3)).

Jabber Chat Server (Pengganti YMServer/Order)

Sesuai pengumuman pihak Yahoo, bahwa pada bulan Agustus 2016, layanan Yahoo Messenger akan di off, maka alternatif penggantinya bisa menggunakan chat server berbasis Jabber. Jabber ini adalah layanan chat server yang menggunakan protokol standard chatting yaitu XMPP (bukan XAMPP ya), yang merupakan singkatan dari Extensible Messaging and Presence Protocol
yang sebenarnya merupakan protokol standard untuk komunikasi berbasis chat seperti Whatsapp, Gtalk (pada awalnya), Facebook dan Telegram.

Berbeda dengan Yahoo yang dimiliki oleh satu server Yahoo, jabber bisa dimiliki oleh banyak server. Oleh karena itu, antar id jabber satu dan lainnya bisa saling komunikasi. Misalnya dari @jabber.org.uk komunikasi ke @voiprakyat.or.id. Akan tetapi, karena memang ini layanan ilmu pengetahuan (lihat domainnya org atau or.id) , server penyedia tersebut tidak terlalu mendalam dalam hal security (keamanan). Tidak ada verifikasi-verifikasi password kalau terjadi pembajakan atau hacking username oleh pihak-pihak tertentu.

Oleh karena itu Anda harus tetap berhati-hati dalam memanfaatkannya. Untuk aplikasi Jabber terbaru, baik JabberServer maupun JabberOrder, silakan download di pulsaengine.com seperti biasanya. Untuk registrasi account, silakan coba menggunakan website https://www.jabber.org.uk

Modifikasi struktur Stockiest

ALTER TABLE stockiest DROP PRIMARY KEY;
ALTER TABLE stockiest add id int not null auto_increment primary key;
ALTER TABLE stockiest ADD UNIQUE KEY agenid_idx (agenid);

Update Installer Whatsapp

Syarat Konfigurasi :

  1. Windows7 Service Pack 1. Jika belum, maka silahkan update.
  2. Download installer Microsoft.NET  versi 4.5.1 
  3. Download installer Whatsapp Center 

Panduan Installasi Whatsapp - Center

Aplikasi whatsapp center sedang mengalami kendala dari sisi redistribusinya. Oleh karena itu, kami minta kerjasamanya untuk install di pc masing-masing seperti berikut ini. Kami minta install secara mandiri karena prosesnya yang cukup lama :

  1. Download installer software Visual-Studio 2015 disini : http://62.75.197.167/Getintopc.com/Visual_Studio_2015_Enterprice_ISO.zip?md5=QTcIsJrBz0tKjsV6X2AvwA&expires=1459269403
  2. Ekstract file zip tersebut menjadi sebuah file ISO.
  3. Burn file Iso tersebut ke dalam DVD Drive (ingat, ukuran 4Gb, tidak cukup jika memakai CD RW)
  4. Setelah itu, proses install dari DVD tersebut (autorun). Prosesnya cukup lama, silakan bersabar.

Agar komponen Visual C++ terinstall, Anda harus memilih custom untuk pilihan opsi aplikasinya. Jangan Typical (contoh gambar di bawah ini contoh yang salah ya).

Setelah itu, pilih Common Tools for Visual C++ 2015

Setelah selesai proses ini, silakan hubungi kami untuk melanjutkan proses installasi aplikasi Whatsapp Center nya.

Android Application for Business Community

Membangun teknologi berbasis IT untuk memberdayakan UKM memang susah-susah-susah. Bukan susah-susah-gampang. Susah, tapi (harus) bisa. Ini mengingat karakteristik pengusaha UKM kita itu inginnya yang praktis-praktis. Padahal yang praktis-praktis itu kalau kita jadi konsumen, untuk menjadi UKM yang produktif harus kreatif dan inovatif. Dan itu tidak bisa dengan jalan mudah.

Ketika kita memiliki idealisme : UKM harus terberdayakan, UKM harus mandiri, UKM harus menang di negeri sendiri, itu berarti, selain kita harus membuat sistem yang solutif, harus pula applicable, dan implementable. Solutif artinya memang fiturnya bisa mengatasi persoalan, applicable artinya aplikasi tersebut memang bisa diwujudkan dalam bentuk nyata (bukan sekedar konsep), dan terakhir implementable yang berarti kita memiliki solusi agar proses penerapan di masyarakat tidak terlalu susah. Sehingga tujuan dari aplikasi bisa tercapai.

Contohnya masalah pemberdayaan via database UKM. Itu kalau hanya dengan suruh mengisi email, mengisi formulir, entah pakai kertas, atau online, susahnya bukan main. Bukannya males, tapi memang kita nggak terbiasa menulis. Ada yang bisa menulis, tapi bahasanya sering kurang markettable. Apalagi penyusunan websitenya (misalnya ditampilkan di website) kurang markettable pula, akhirnya kumpulan data tersebut menjadi data mati, tidak punya energi untuk membuat orang beli atau kerjasama. 

Maka, berawal dari permasalahan tersebut kami berusaha membuat sebuah aplikasi yang sudah mempertimbangkan faktor-faktor diatas dan menjadi sebuah satu kesatuan dalam sebuah aplikasi mobile.

Tentang Pola Pengisian

Pola pengisian formulir di aplikasi ini berbentuk  quisioner. Artinya, bukan formulir isian biasa. Dengan bentuk quisioner (pertanyaan), pengguna seolah-olah menjawab sesuatu, bukan mengisi formulir. Jawaban dari quisioner ini diharapkan akan menjadi kalimat marketing tersendiri

Dan isian ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori keahlian dan kategori usaha. Karena potensi seseorang itu, jika tidak memiliki usaha, barangkali memiliki keahlian yang bisa dimanfaatkan untuk kerjasama atau dijual.

undefined

Fleksibilitas ( Mobile ) 

Proses registrasi aplikasi dan pengisian formulir ini, langsung dilakukan lewat aplikasi mobile (Android). Sehingga bisa dilakukan bersama-sama ketika training atau sosialisasi. Dan ketika proses training berlangsung, otomatis database sudah terkirim dan bisa ditampilkan langsung (tidak perlu koreksi ulang). Dilengkapi dengan logo atau gambar-gambar pendukung, dan ketika tampil di menu profil atau internet sudah menjadi seperti blog tersendiri.  

Layanan Iklan & Profil Rekan / Anggota Komunitas 

Sebenarnya profil dan iklan ini mirip. Bedanya, kalau profil ini datanya tetap, yang menceritakan usaha yang dijalankan atau keahlian yang dimiliki, sehingga kita bisa kenal lebih dekat atau kerjasama. Sedangkan iklan adalah info yang berubah tiap waktu.

 

Pendekatan Community / Social Networking 

Aplikasi Android kami sebenarnya tidak bernama. Jadi bisa dirilis berdasarkan nama komunitas masing-masing. Dan dalam aplikasi tersebut, bisa dipilih untuk menampilkan profil-profil, iklan atau produk-produk milik komunitas itu sendiri, atau semua yang pernah mendaftar.

Selain itu, dalam menu iklan atau profil usaha, kita bisa memfilter usaha-usaha atau iklan yang khusus menjadi kawan-kawan terdekat kita. Hal ini karena kami sudah melengkapi fitur ini dengan teknologi social networking, mirip facebook. Bedanya, kami memakai database phonebook hp Anda. Jadi iklan atau fitur usahanya mirip timeline di facebook. Tidak ada iklan asing disitu. Di bawah ini adalah menu yang salah satunya adalah Export Contact untuk mensinkronkan data rekan Anda dan Import Contact bisa juga digunakan untuk mengambil data phone book Anda ketika hp baru ganti misalnya.

Fitur Transaksi Jual Beli Antar Anggota

Jika masing-masing pihak ingin melakukan jual beli atau kerjasama. Maka telah disediakan pula fitur rekening bersama. Dimana pihak penjual dan pembeli bisa mengunci uang tanda jadi sampai dilakukan pengiriman barang.  Tersedia menu untuk melihat dana yang telah dijaminkan, progres persiapan barang atau proses pengirimannya.

Fitur Info Komunitas 

Dilengkapi dengan timeline ( semacam feed di BBM ), dimana admin dari komunitas tersebut bisa menggunakannya untuk keperluan info-info ke pemakai aplikasi (anggota). Seluruh anggota juga menerima notifikasi dari server. 

Fitur Chat / Tanya Jawab : Komunikasi Ke Pengurus  

Sebelumnya, fitur chat digunakan untuk seluruh anggota biar bs ngobrol. Akan tetapi ternyata tidak efektif. Lalu diubah menjadi chat konsultasi. Dimana dalam sebuah komunitas, misalnya dibentuk beberapa admin, seorang yang mengirim chat akan diterima oleh seluruh admin, sehingga bisa digunakan untuk ajang konsultasi atau tanya jawab.

Fitur Transaksi Usaha Sampingan

Fitur ini adalah menu PPOB. Bisa digunakan untuk bisnis sampingan atau keperluan pribadi. Bisa mengisi hampir semua sistem pembayaran, baik pasca, PLN, maupun pulsa prabayar.

Fitur-Peta Usaha Anggota  

Fitur ini adalah untuk mengetahui lokasi usaha-usaha anggota via peta.

Proses Installasi Whatsapp Center

Seperti  juga aplikasi YMCenter, aplikasi whatsapp Center/Sender ini bisa berjalan paralel beberapa aplikasi/nomor sekaligus. Tapi, untuk pemasagannya membutuhkan update script server. Silakan menghubungi IT kami.

Tahapan update script adalah  :

  1. alter table inbox add app_id varchar(10) default ‘hp’; alter table inbox_read add app_id varchar(10); alter table stockiest add app_id varchar(10); 
  2. Modifikasi script process.php agar app_id dari inbox kebaca di fungsi sender_exists($hp, $app_id); 
  3. Modifikasi file process.inc.php di fungsi sender_exists ($hp, $app_id) dan update stockiest app_id = ‘$app_id’, aktif=now(); 
  4. Modifikasi file function.inc.php pada fungsi send_sms. Jika left(app_id,2) = ‘wa’ maka app_id = stockiest->app_id, selainnya app_id biarkan NULL. 

Install aplikasi centerwa dari www.pulsaengine.com/download

Selamat mencoba.

Rilis Trx XL via Web

Saat ini XL mengeluarkan portal web untuk transaksi Dompul. Alamatnya adalah : https://www.idex-portal.xl.co.id/aprm-portal/

XL Portal

Transaksi aplikasi ini penyetokannya juga di dealer XL, dan mengurangi stok dompet Anda. Tapi tidak perlu pakai chip. Chip Dompet XL hanya digunakan untuk menerima token transaksi. Token ini dikirim saat login transaksi pertama kali saja, selenjutnya tidak minta token lagi sampai logout.

Untuk mengoperasikan aplikasi XLWeb ini, harus dijalankan dua aplikasi. Yg pertama bertugas untuk transaksi, yang kedua bernama ControlXL bertugas untuk menutup pesan (messagebox) tiap transaksi karena belum teratasi secara internal. Keduanya harus dijalankan bersama-sama.

undefined

Untuk menjalankan transaksi, mulai dari login, memasukkan token, sampai mempersiapkan form transaksi dilakukan secara manual. Baru setelah form siap, bisa di start aplikasinya. 

Selamat mencoba.